Belajar Dari Sang Kodok

Belajar dari Sang Kodok!

Saat beberapa tahun lalu, dunia internet diramaikan dengan pembuatan blog mendorong saya untuk membuat blog sendiri. Untuk identitas blog pribadi, maka saya memilih nama Sang Kodok! Kodok merupakan hewan yang menarik. Berikut adalah beberapa fakta dari kodok.

  1. Kodok memiliki lebih dari 4700 spesies.
  2. Kodok mampu melompat 20 kali panjang tubuhnya.
  3. Setiap kodok memiliki suara yang berbeda-beda.
  4. Kodok dapat hidup di dua alam.
  5. Kodok berganti kulit seminggu sekali.
  6. Kodok menyerap air untuk minumnya melalui kulit.
  7. Kodok merupakan indikator air yang tercemar atau tidak. Apabila kodok ada di sekitar kita, maka lingkungan itu adalah lingkungan yang baik. (www.masasih.web.id fakta unik tentang katak).

Menarik bukan beberapa fakta seputar kodok.

Bagi saya sendiri kodok adalah hewan yang dapat menjadi sebuah inspirasi bagi pendidikan karakter. Kodok adalah binatang yang tenang dalam berburu, kodok akan mengamati dengan betul serangga yang menjadi mangsanya hingga pada akhirnya sang kodok akan menangkap mangsa tersebut dengan lidahnya. Kodok tidak seperti serigala yang mengeluarkan suara berisik saat berburu atau seperti cheetah yang akan berlari cepat tetapi tidak terfokus pada mangsanya sehingga cheetah akan cepat letih saat berlari kencang mengejar mangsanya.

Dalam pendidikan karakter mungkin kita dapat seperti kodok yang mengamati setiap masalah disekitar kita. Tidak gegabah dalam mengambil keputusan, tidak takabur dalam ucapan, tidak mengumbar janji tetapi memiliki keunikan dalam diri kita masing-masing. Dengan keunikan tersebut, kamu memfokus tujuan hidupmu dan akhirnya pada saat yang tepat, maka kamu raih tujuan tersebut.

Guru PAK : ZYB